Kuis Jadi Lebih Seru dengan Kahoot

Spread the love

Teman-teman cerita guru tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pembelajaran http://kahoot.com . Nah, kali ini kami mau sharing tentang cerita saya saat menggunakan kahoot sebagai kuis di akhir sesi pembelajaran.

Setelah inti pembelajaran selesai, saya mengajak para siswa untuk mengerjakan kuis online yang dikemas seperti game melalui aplikasi kahoot. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur untuk membantu guru memberikan asesmen dengan cara yang lebih fun, seru, dan jelas menyenangkan. Saya menyediakan speaker agar ada music yang dapat diputar dan suasana game pun mudah diciptakan, siswa jadi bersemangat dan agak tegang kata mereka, tegang-tegang seru katanya… #eh

Setelah saya menyiapkan kuis di kahoot.com, saya setting menu bermain live, dan siswa dapat melihat kode permainan pada layar infokus. Siswa masuk di www.kahoot,it lalu memasukkan kode permainan. Game pun dimulai.

Seru melihat mereka adu cepat dan tepat menyelesaikan 10 soal yang saya sediakan. Kejar-kejaran skor pun tidak terelakkan.

Suasana di kelas X3 saat kuis individu dengan menggunakan aplikasi Kahoot
Suasana di kelas X10 saat tim turnamen menggunakan aplikasi Kahoot

Saat itu, saya mengajar di 2 kelas berbeda, dan kondisi kedua kelas ini pun tidak sama. Di kelas X3, para siswa lebih memilih kuis individu, sedangkan di kelas X10 para siswa lebih memilih tim turnamen. Well, keduanya bisa dilakukan dengan aplikasi Kahoot. Ternyata, responnya menggembirakan, seru kata mereka.

Setelah selesai 10 soal, pemenang dari kuis hari ini pun diperoleh. Selamat untuk Intan, Karen, dan Unet dari kelas X3, dan selamat juga untuk Team Fire (Claudya, Cresa, Fahmi, dan Junan) dari kelas X10. You are fire !!!!

Juara 1, 2, 3 Kuis Kahoot Operasi Vektor Kelas X3

Demikian cerita guru kali ini. Terima kasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.